Disini saya belajar mendokumentasikan perjalanan dalam bentuk jurnal. Silakan dibaca. Bila perlu dikomentasi.
Saya juga punya akun Instagram silakan follow kalo berkenan link nya ini : https://www.instagram.com/ngantuk_motion/

Trimakasih atas waktunya...

Apr 9, 2015

Jalan - jalan ke Curug Gede

Bismillahirahmanirrahim...
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sabtu kemarin aku diajak pergi kerumah makan padang curug gede. lokasinya tidak jauh. Masih di sekitar baturraden. Tepatnya di desa Melung.

Awalnya kami (Aku, Mas +Tangkas Pamuji , Imam, Ida, Mas Hamdani )janjian ketemuan di rumah saudara +Amin Wahyudi . Sempat enten-entenan sebentar. Akhirnya kami cabut sekitar jam 9an kalo kagak salah.

Kali ini aku berangkat berboncengan dengan Mas Hamdani. ternyata jalan yang kami lalui cukup naik turun dan berhasil membuat tanganku menarik gas lebih keras. Kami lewat desa kebumen Baturraden dan Kedung Banteng. dengan kata lain kami lewat belakang. Lebih efisien karena kami tidak akan melewati portal yang mengharuskan kami membayar retribusi masuk (ini ngirit.red) :D

Setelah berjuang di medan yang ber aspal datar akhirnya dengan penuh bangga kami sampai dilokasi. Selebrasi atas kemenangan kami karena telah sampai kami lakukan seketika itu juga. (okeh ini 100% lebayyyyy..!!!.red) kami Parkir motor. Niatnya motor mau dibawa kedalem, gak jadi jalan setapak yang biasanya bisa dilewati motor walau harus nyungsep-nyungsep dikit waktu itu sudah ada portalnya. akhirnya kami harus parkir di parkiran umur layaknya orang - orang lain. yah nggak jadi ngirit deh... :D

Awal Perjalanan menuju curug gede

Jalan menuju ke curug sebenarnya gak jauh - jauh amir amat. cuman karena curam dan cuma jalan setapak yang sempit, kami pun harus berhati-hati.

Harus berhati-hati jalanan menurun dan sempit

Akhirnya kami sampai dilokasi curug gede berada. ini adalah kali pertama aku mengunjungi curug gede. Curugnya gak sebesar namanya sih, cuman menang tinggi iya. ya sekitar 25 meter adalah. dan dibawahnya ada kolam yang menampung air curug gede. Cukup lebar. Sayang kami tadak membawa pelampung atau ban dalem mobil. kalo bawa, sini bisa buat main-main mengapung dengan Ban dalem mobil atau Bis sekalian biar gedean.

Curug gede
Panorama curug gede
Langit di atas curug gede

Airnya dingin dan segar. ini salah satu kenapa aku suka pergi ke curug yang masih dekat dengan pegunungan. Airnya pasti masih bersih, sejuk dan dingin alami. kalo kamu alasanya apa? :)

Airnya sejuk dan jernih

Disekelilingnya air terjun banyak sekali batu-batuan besar.Jadi kalo kamu penghobi batu akik, mungkin kamu bisa berburu batu-batuan di sini untuk dibuat mata cincin. :D

Batuan disekitar curug gede

Bebatuan disekitar curug gede 2

kalo dilokasi cuman main-main air kayanya kurang seru. Aku dan Mas Tatang mencoba mencari hal apa yang bisa kami lakukan untuk menantang Andrenalin kami.Maka diputuskan kami akan menyusuri tepian curug Gege. Jadi kami akan tepat dibawah dimana air curug itu jatuh. :D . cukup menantang. karena disekitar tepian curug gede gak terlalu terlihat ada bebatuan buat kami pijaki. tapi disitulah tantangannya. kalaupun nggak bisa ya berarti kami harus berenang.

Disela menyusuri tepian curug. (doc.Imam)

Ternyata setelah kami susuri, masih ada bagian batu yang bisa kami pijaki. dan akhirnya, dengan penuh perjuangan. Dengan air yang menghantam tubuh kami, menekan kami agar menyerah akhirnya kami bisa menembus kuatnya aliran air curug gede. luar binasa biasa. :)
kami mengakhirinya dengan berenang dari tepi curug gede ke tepi yang lain.

Tidak merasa puas hanya menyusuri dibawah aliran aircurug gede, aku juga mencoba lompat dari batu paling besar yang berada di pinggir curug gede. Tingginya sekitar 3 meteran. ini akan sangat menantang karena tepat di atas batu permukaanya tidak rata. Ini menyulitkan ku untuk anchang-anchang  terjun.

Batu besar ini bisa digunakan untuk lompat kebawah air terjun

Melompat dari atas batu

Jam 12 kami istirahat, makan siang dan bergegas untuk pulang. Sebenarnya dekat curug gede ada satu curug lagi di sebelah selatan. cuman waktu itu karena keburu capek kami tidak mengunjunginya. kami hanya lihat dari jauh.

Curug dekat curug gede terlihat dari jauh

Perjalanan pulang yang menanjak adalah tantangan berikutnya. Setelah capek main air di curug gede kami harus melalui (lagi.red) jalan setapak ini. Sontak beberapa kali Iman roboh ditengah jalan karena tidak kuat.

Terkapar

Haus setelah berjalan kaki

Begitulah perjalanan ku sabtu kemarin walau cukup singkat, tapi seenggaknya aku jadi teringat kembali memori "mandi bareng" di saluran air ini.

Aliran air bendungan

Salam Blogger dan tetep smangat ngebloggGG..!!!

Beberapa dokumentasi :

serangga

Bunga apakah ini?

Mas Tatang narsis

Ngaso
Pemandangan di atas setelah melewati tanjakan