Disini saya belajar mendokumentasikan perjalanan dalam bentuk jurnal. Silakan dibaca. Bila perlu dikomentasi.
Saya juga punya akun Instagram silakan follow kalo berkenan link nya ini : https://www.instagram.com/ngantuk_motion/

:)
Trimakasih atas waktunya...

Aug 27, 2015

Proyektor Sederhana dengan Smartphone

Bismillahirahmanirrahim... 
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Projek coba-coba ini lahir manakala aku melihat postingan di salah satu website yang memposting tentang membuat proyektor sederhana hanya dengan menggunakan kaca pembesar badan (lup.red) dan smartphone. Ini membuat aku penasaran ingin mencoba membuat di rumah. Kalau memang benar berhasil, ini berarti aku akan mempunyai proyektor pribadi yang bisa ku gunakan untuk nonton film di kamar. Terdengar menarik. :)

Akhirnya. setelah menyiapkan semua bahan dan peralatan untuk membuat proyektor sederhana, Pada hari dimana aku libur kerja aku coba membuat. Bahan yang di butuhkan tidaklah banyak, Aku cuma membutuhkah kaca pembesar. Teman-teman bisa membelinya di toko buku dan alat tulis. aku beli kaca pembesar yang ukuran 100mm dengan harga sekitar Rp 13.000,- an. karton bekas yang cukup besar. atau mudahnya bisa juga menggunakan wadah bekas sepatu. Styrofoam gak perlu yang tebal, Kalo bisa yang berwarna  hitam biar bisa menahan cahaya.

Selengkapnya untuk bahan & alat  lihat gambar di bawah ya :

kardus bekas
Penggaris
Obeng, Cuter dan pensil
Selotip
Kaca pembesar (lup)
Styrofoam

Langkah untuk membuatnya cukup mudah. Pertama kita potong kardus bekas dengan ukuran yang kita inginkan. Yang penting buat buat hp yang kita punya. Karena HP ku ukuran layarnya 4 inch lebih dikit aku bagi kardus itu menjadi 3 bagian dengan masing-masing panjang 17 cm. 

Kalo sudah dibagi 3, tekuk hingga menjadi 3 bagian. Bila ditekuk berbentuk huruf "U". Kita tiriskan terlebih dahulu kardus bekasnya kita potong styrofoam membentuk persegi dengan ukuran kita samakan seperti membagi kardus tadi yaitu 17cm. aku bikin 2 buah untuk kotak styrofoamnya, untuk menutup bagian depan dan belakang nanti.

Ambil Salah satu kotak Styrofoam yang telah kita potong tadi dan lubangi sesuai dengan pola kaca pembesar yang kita punya. Gampangnya kita jiplak aja tuh kaca pembesarnya pake spidol. Baru kita bikin lubangnya.




Tutup semua pinggiran kaca pembesar dengan Styrofoam dengan selotip dengan rapat. Ini harus bener-bener rapat, biar nggak ada cahaya yang termbus selain dari kaba pembesar.

Kemuadian satukan semua bagian kardus dan penutup belakang dan depan  dengan mengunakan selotip serapat dan sekokoh mungkin. 

terakhir kita buat dudukan HP dan rel untuk mencari fokus. 
kalo bingung coba lihat gambar di bawah ini :)

Rel untuk mencari fokus gambar

Dudukan HP
HP yang terpasang di dudukan

Tampak atas Proyektor Sederhana dengan kaca pembesar (Lup)
Tampak perspektif proyektor sederhana
Screen dari Styrofoam lebih bagus pake kain putih
Satu Set Proyektor Sederhana
HP dilihat dari kaca pembesar
Jadi setelah proyektor sederhana selesai dibuat. Penulis mencoba mendemokan untuk nonton beberapa video. Lampu kamar di matikan , pintu di tutup. Buat kamar segelap mungkin. 

hasilnya :

Dengan setting contras HP paling tinggi gambar yang dihasilkan oleh proyektor sederhanya ini masih terbilang redup dan fokus yang kurang untuk menampilkan detil gambar pada video yang di putar.

nb : jangan lupa untuk mebalik (flip) videp yang akan diputer karena apabila tidak di balik gambar yang di tampilkan akan terbalik #loh :)

Lihat video timelapse pembuatannya :


Trimakasih sudah berkunjung di blog sederhana ini dan kritik saran bisa langsung di tulis di kolom komentar di bawah. Tetap semangat dan..

Keep Blogging..!!!

#proyektor #sederhana #smartphone #proyektorsederhana 


2 comments:

  1. Mas kaca pembesarnya merek apa ya? Soalnya saya beli yg merek glass gak biso mas

    ReplyDelete

Know us

Our Team

Tags

Video of the Day

Contact us

Name

Email *

Message *